Mengenal Kitchen Set

Mengenal Kitchen Set

Meskipun berasal dari kata bahasa asing alias bahasa Inggris, frasa kitchen set kerap kita dengar dan sulit kita cari padanannya dalam bahasa Indonesia, sehingga sering dipakai bgitu saja “kitchen set” tanpa diterjemahkan menjadi set dapur atau alat dapur. Lalu apa sebenarnya kitchen itu? Mengapa ia begitu terkenal sebagai salah satu furniture atau perlengkapan yang harus ada dalam rumah kita? Mari kita telusuri bersama.

Kitchen set adalah satu perkakas atau perlengkapan dapur yang bentuknya berupa lemari kabinet secara utuh. Fungsi kitchen set adalah untuk menyimpan alat-alat dapur yang bentuknya lebih kecil. Kita biasanya menjumpai kitchen set sebagai produksi furniture yang memang diciptakan untuk menyimpan atau menjadi wadah peralatan memasak plus alias dilengkapi dengan peralatannya.

Komponen Kitchen Set

Sebagai sebuah furniture, tentu kitchen berbeda-beda antara satu produsen dengan produsen lainnya, atau antara satu rumah dengan rumah lainnya. Namun biasanya sesuai dengan namanya dapur, kitchen set umum harus mempunyai wadah atau komponen untuk menempatkan, minimal:

#1 komponen rak untuk piring

#2 komponen rak untuk sendok

#3 komponen laci untuk menyimpan bumbu-bumbu

#4 komponen lemari bagian atas yang umumnya dipakai untuk menyimpan piring, gelas, garpu, dan asesoris penunjang kegiatan masak memasak yang bobotnya ringan

#5 komponen lemari bagian bawah yang umumnya dipakai untuk menyimpan peralatan yang bobotnya lumayan berat seperti tempat gas dan panci

#6 komponen table kitchen set

#7 komponen yang lumayan berat dan bisa berdiri sendiri, seperti tempat lemari es atau tempat minum alias dispenser.

Ukuran Kitchen Set

Ukuran kitchen set bervariasi, sangat tergantung pada ukuran dapur anda dan apa saja yang akan anda simpan didalamnya. Luas dapur tentu sangat berpengaruh, sebab dapur dengan ukuran 2 kali 3 meter misalnya, tentu tidak seluas dapur ukuran 4 x 6 meter dan sehingga kurang leluasa untuk mengaturnya. Di era dimana tanah sangat mahal dan ukuran dapur menjadi ciut, maka sering kita mengenal istilah kitchen set minimalis untuk menyiasatinya.

Kitchen set minimalis lumayan menjadi alternatif karena ia mempunyai dua fungsi yang sangat penting dalam era rumah modern dewasa ini. Pertama, ukurannya lumayan minimalias alias kecil, dengan memanfaatkan semua dimensi dapur yang ada, baik panjang, lebar maupun tinggi. Kedua, tetap memperhatikan fungsi dari kitchen set itu sendiri, sehingga meskipun tidak memerlukan ruang terlalu luas tetap tetap mampu memenuhi fungsinya. Dan ketiga, ada estetika atau nilai seni yang dijaga. Jadi tidak mentang-mentang namanya kitchen set minimalis maka ia tampak kumuh dan jelek.

Berbagai perkembangan menjadikan kitchen set saat ini sebagai salah satu primadona masyarakat urban perkotaan. Perabotan rumah tangga ini dinilai lebih simpel dan bersih, tetap berfungsi dengan baik dan mudah dalam perawatan. Memanfaatkan setiap senti ukuran dapur adalah salah satu kiat mengapa kitchen set digemari. Salah satunya, dengan membuat kitchen set yang ukurannya serba dibawah satu meter, karena banyak sekali peralatan dapur yang memang ukurannya tidak besar. Misalnya untuk membuat tempat gas, cukup membuat wadah dengan ukuran 80 senti kali 80 senti. Untuk wadah peralatan lainnya menyesuaikan.

Facebook Comments

Leave a Reply