Pentingnya Menata Ruangan Rumah dan Kantor Anda

Pentingnya Menata Ruangan Rumah dan Kantor Anda

Pentingnya Menata Ruangan Rumah dan Kantor Anda – Rumah adalah tempat anda menghabiskan waktu bersama pasangan tercinta, anak-anak yang manis, menerima teman sejawat, menjamu tetangga terdekat, atau menyelenggarakan meeting terbatas dari para investor perusahaan anda. Kantor adalah tempat mengeluarkan tenaga dan pikiran anda untuk menyelesaikan tanggung jawab sesuai jabatan dan job description anda alias menyelenggarakan kewajiban demi tercapainya tujuan perusahaan.

Baik di rumah maupun di kantor, anda perlu suasana yang nyaman, tenang dan penuh keakraban. Rumah adalah kantor kedua, atau kantor adalah rumah kedua, semua sama-sama penting. Suasana di kedua bangunan tersebut harus saling mendukung, bukan malah saling melemahkan.

Pentingnya Menata Ruangan Rumah

Sebagai tempat tinggal, sebagian besar manusia menghabiskan waktu paling banyak di rumah mereka masing-masing. Ini berlaku terutama bagi ibu rumah tangga, anak-anak, para wirausahawan yang kantornya ada di rumahnya sendiri, dan mungkin juga para penganggur atau yang sedang mencari kerja. Berada di dalam rumah selama puluhan jam sehari tentu menjadi masalah besar bila rumah dan suasananya tidak nyaman atau kumuh.

Nyaman tidaknya suasana dalam rumah andil besarnya diberikan oleh penataan dalam ruangan alias desain interior rumah tersebut. Bagaimana kita menilai tata ruang dalam sebuah rumah bisa dikatakan baik? Setidaknya ada tiga kriteria yang harus terpenuhi, yaitu:

#1 Sirkulasi udara yang baik

Sebuah rumah tentu dibatasi oleh dinding di bagian sisi, serta atap di bagian atas. Keberadaan benda-benda tersebut tentu mengganggu pergerakan udara secara alami. Untuk tidak terlalu menghambat sirkulasi udara sekaligus sebagai jalan keluar masuk orang, setiap rumah tentu ada jendela, pintu, ventilasi dan beberapa lubang lainnya. Inilah point pertama suasana tata ruang rumah yang baik, yaitu sirkulasi udara yang tidak terhambat. Tetapi seberapa banyak kita membuat pintu, jendela dan ventilasi udara?

Sebuah rumah minimal harus mempunyai dua pintu, yaitu pintu depan dan pintu belakang. Pintu depan berguna sebagai jalan masuk utama, dan pintu belakang sebagai jalan masuk dan keluar alternatif. Banyak yang percaya bahwa sebaiknya pintu depan tidak lurus dengan pintu belakang, sehingga udara yang masuk tidak langsung keluar. Ada pula yang percaya bahwa itu bisa berarti rejeki yang datang bisa langsung pergi. Tentu sebaiknya pintu depan memang tidak lurus dengan pintu belakang, agar udara yang masuk melalui pintu depan berputar dulu dalam ruanga dalam rumah, sebelum akhirnya keluar melalui pintu belakang atau jendela.

Bagi rumah yang besar, keberadaan pintu ketiga bisa menjadi alternatif, misalnya pintu samping. Ini bisa saja terjadi bila tanah anda dibatasi oleh tanah kosong orang lain atau oleh tanah anda sendiri. Namun tidak bisa bila rumah anda ada di perumahan atau kompleks dimana setiap orang menghabiskan tanahnya dengan membangun dinding. Bahkan seringkali rumah tinggal di kota hanya mempunyai satu pintu utama, tidak bisa membuat pintu belakang, sebab bagian belakang dibatasi oleh belakang rumah tetangga. Alternatifnya tentu membuat jendela samping yang lebih lebar.

Bagaimana memastikan rumah anda mempunyai sirkulasi udara yang baiki? Cukup mudah, yaitu bau mudah keluar masuk rumah anda. Misalnya anda kentut dan anda buka jendela, bau kentut segera hilang. Atau ada bau bangkai seekor tikus di atap anda, anda buka jendela, bau bangkai berkurang. Bau bangkai tentu tetap ada selama bangkainya masih ada. Anda buka jendela di pagi hari dan udara segar segera masuk memenuhi paru-paru anda.

#2 Sinar matahari dapat masuk

Selain sirkulasi udara yang baik, sinar matahari juga harus dapat masuk ke dalam rumah anda. Untuk alasan inilah mengapa orang lebih suka membangun rumah menghadap ke timur atau ke barat, tempat matahari terbit dan terbenam. Tentu pilihan terbaiknya adalah rumah menghadap ke timur, untuk kebanyakan orang Indonesia, dimana sinar matahari terbit mampu menghadirkan kehangatan dalam rumah setelah semalaman disiram dingin udara dan gelap ruangan. Pilihan kedua terbaik adalah pintu menghadap ke barat, dimana matahari hendak terbenam. Anda bisa menyaksikan detik-detik sunset bersama keluarga tercinta di teras rumah sambil membicarakan mimpi masa depan atau membaca koran sore.

Kalau karena letak tanah anda tidak memungkinkan membangun rumah menghadap ke timur atau barat, pastikan anda mempunyai jendela cukup lebar yang menghadap ke kedua arah tersebut. Sinar matahari yang masuk dari jendela sebaiknya bisa menerangi ruang tidur utama atau ruang keluarga. Ini bisa menghadirkan keintiman dan kehangatan anggota keluarga.

Di malam hari, anda harus pastikan semua ruangan tersinari dengan cukup oleh cahaya lampu listrik atau sumber penerangan lainnya. Untuk ruang yang luasnya lebar seperti ruang keluarga, dapur atau kamar tidur utama, kekuatan lampunya bisa lebih besar daripada ruang lainnya. Ketika anda tidur, anda dapat mematikan beberapa lampu demi penghematan energi dan biaya tagihan listrik. Pastikan juga halaman depan dan belakang rumah anda tersinari cahaya lampu yang cukup pada malam hari agar rumah anda tidak disangka sebagai rumah remang-remang.

#3 Memudahkan pergerakan penghuni rumah

Kriteria selanjutnya sebuah bangunan mempunyai tata ruang yang baik adalah mudahnya para penghuni bergerak dari ruang satu ke ruang lainnya. Kemudahan tersebut bisa diukur sejak saat mereka masuk dari pintu utama. Para penghuni bisa masuk ke dalam rumah melalui pintu utama, mudah masuk ke dalam kamar tidur mereka, ke dalam ruang utama, ruang keluarga, ke dapur, juga ke dapur dan kamar mandi, dan mudah pula keluar baik melalui pintu utama lagi atau melalui pintu belakang.

Memudahkan para penghuni bergerak artinya memberi ruang yang cukup antara satu barang dengan barang lainnya, antara meja dengan kursi, antara furniture dengan perabotan lain, antara bufet dan sofa, dan sebagainya. Memudahkan pergerakan penghuni rumah juga artinya penghuni mudah untuk mengambil sesuatu dari tempatnya dan mengembalikan sesuatu ke tempat semula. Jangan sampai mereka mudah bergerak ketika semua terkunci dan susah ketika ada yang terbuka karena terbukanya pintu lemari menghalangi pergerakan penghuni lainnya.

Itulah pentingnya menata ruangan rumah agar suasana menjadi nyaman dan aman. Tiga hal penting tersebut harus selalu diperhatikan. Bila rumah anda sudah memenuhi tiga kriteria tersebut, bisa disebut tata ruang anda sudah cukup baik. Tetapi bila belum, misalnya sirkulasi udara sudah baik tetapi anda sulit untuk keluar dari kamar tidur karena terhalang bufet, maka anda harus menata ruang anda kembali.

Pentingnya Menata Ruangan Kantor

Kantor tempat anda bekerja juga mempunyai ruangan-ruangan, yang tentu butuh penataan juga. Kalau anda sebagai pekerja, anda punya keterbatasan wewenang untuk menata seluruh ruangan kantor. Tidak mengapa, kerjakan saja sesuai wewenang anda. Tetapi kalau anda adalah bos yang punya wewenang lebih, perhatikan penataan ruangan kantor sejak dini agar efektivitas dan efisiensi pegawai anda mencapai level maksimal.

Sebetulnya kriteria tata ruang kantor yang baik tidak berbeda jauh dengan tata ruang rumah yang bagus. Yaitu tata ruang kantor yang baik harus memastikan sirkulasi udara yang baik, cahaya matahari mampu masuk ke dalam kantor, mudahnya para pegawai bergerak dalam ruangan dan ada kecukupan cahaya baik siang maupun malam. Tetapi ada tambahan, yaitu bahwa semuanya ditata demi kenyamanan para pegawai dalam bekerja. Ingat, kantor adalah tempat dimana para pekerja menyelesaikan tugas-tugas mereka.

Kantor sebuah perusahaan biasanya berurusan dengan hal-hal administratif, sehingga yang biasa kita lihat dalam sebuah kantor adalah meja, kursi, lemari, meja komputer, kabinet, dan alat tulis kantor lainnya. Untuk itu pastikan bahwa meja kerja mudah dijangkau, berkas-berkas mudah disimpan dan diambil, komputer mudah dinyalakan, dan mudah berjalan ke ruang kerja lainnya. Jangan sampai untuk menjangkau file cabinet saja anda butuh lima belas menit yang berarti pemborosan waktu dan bentuk inefisiensi kerja.

Pentingnya menata ruangan kantor harus disadari sejak awal oleh tidak saja oleh pemilik, tetapi juga para arsitek, pemborong, dan desainer interior. Untuk memastikan tata ruang anda sesuai dengan apa yang anda inginkan, sebaiknya anda berkonsultasi dengan para ahli di bidangnya. Kalau anda membutuhkan layanan jasa konsultasi interior, kami siap membantu anda. Hubungi kami di halaman ini untuk keterangan lebih lanjut.

Facebook Comments

Leave a Reply