Tips Merawat Kitchen Set Tetap Kinclong dan Awet

Tips Merawat Kitchen Set Tetap Kinclong dan Awet

Category : Kitchen Set

Mempunyai Kitchen Set yang mewah, elegan dan berkilau serta berfungsi dengan baik adalah impian semua ibu rumah tangga, tetapi sayangnya setelah memilikinya tidak semua pemilik mempunyai pengetahuan yang memadai tentang bagaimana cara merawat kitchen set agar tetap kinclong dan awet alias tahan bertahun-tahun. Percuma saja anda memiliki kitchen set yang desainnya mewah dan penampilannya bagus, tetapi tidak terawat dengan baik, lambat laun penampilannya berubah kusam dan dekil. Perubahan tersebut tidak terjadi dalam satu hari, tetapi perlahan-lahan dalam beberapa hari atau minggu, dan tiba-tiba pada suatu hari anda baru menyadari sudah berbuat kekeliruan yang fatal ketika menyaksikan kitchen set kesayangan anda rusak, kusam atau bahkan hancur dan tidak bisa digunakan.

Untuk Tips Merawat Kitchen Set yang direkomendasikan oleh Jasa Pembuatan Kitchen Set.

Tips Merawat Kitchen Set

#1 Pilihlah kitchen set dengan bahan yang sudah dikeringkan dalam temperatur tinggi.

Bahan materi yang kering ini lebih tahan bila terjadi penyusutan. Bahan ini juga lebih ampuh terhadap serangan rayap. Ini tips pertama yang penting, sebab anda tidak akan mudah begitu saja mengganti bahan kitchen set kecuali anda membuang yang pertama dan menggantinya dengan bahan yang baru. Itu artinya harus mengeluarkan kocek yang dalam lagi. Bila anda membuat kitchsen dengan memesan pada jasa pembuatan kitchen set, selalu pastikan bahwa bahan yang anda pesan bukan bahan asal-asalan yang akan rapuh dalam dua tiga tahun saja.

#2 Selalu menjaga agar dapur dalam keadaan bersih dan kering.

Meskipun aktivitas memasak selalu identik dengan air dan bahan yang serabutan, namun setelah selesai selalu pastikan bahwa semua sampah sudah dimasukkan dalam tempatnya, semua perabotan sudah selesai dicuci dan disimpan dengan benar, dan tidak ada bekas bumbu atau masakan yang tersisa yang masih tercecer di kitchen sink. Ingat, dapur adalah tempat paling dicari oleh binatang pengerat seperti tikus atau binatang menjijikan seperti kecoa dan semut. Bila anda membiarkan tumpahan kecap atau es sirup berceceran di meja atau worktop table, tidak peduli seberapa imun rumah atau dapur anda terhadap tikus dan kecoa, mereka bisa mencari seribu jalan untuk masuk ke dapur dan menghabiskan sisa makanan. Bukan itu saja, mungkin binatang-binatang itu bisa membuat kerusakan yang lebih parah bila anda tidak segera menyadari kehadirannya.

#3 Jagalah sirkulasi udara tetap berjalan baik

Karena kitchen set selalu berada di dapur dan dapur selalu identik dengan api atau panas untuk memasak, memastikan bahwa sirkulasi udara berjalan dengan baik adalah tips merawat kitchen set yang penting untuk anda pastikan keberlangsungannya. Cara paling sederhana tentu memberi jendela atau ventilasi tempat udara panas bisa segera berganti. Ventilasi ini sebaiknya tepat berada diatas perapian atau kompor. Semakin baik sirkulasi udara, semakin baik kesehatan dapur dan semakin awet pula kitchen set bersemayam di rumah anda.

#4 Jaga saluran air berjalan tanpa hambatan

Setelah sirkulasi udara berjalan sempurna, pastikan juga saluran air berjalan dengan baik. Anda harus pastikan kitchen sink atau tempat mencuci piring dan perabotan lainnya lancar ketika mengeluarkan air, tidak bocor ketika tempat ditutup saat digunakan, serta lancar keluar bila krannya dibuka dan habis tanpa sisa. Saluran air dari pipa ke penampungan limbah atau saluran drainase kompleks perumahan anda juga harus lancar. Bila ada hambatan, anda harus pastikan tempatnya dan harus diatasi segera. Kalau tidak, bukan hanya kitchen set yang akan terkena imbasnya, namun juga dapur dan keseluruhan “atmosfer”rumah anda. Minimal bau dari got akan masuk rumah, lebih jauh mungkin saja ada binatang got yang tersesat masuk rumah anda. Bisa-bisa serbuan kecoa atau tikus got akan menyerbu dapur. Jangan sampai terjadi!

#5 Menggunakan peralatan tambahan untuk mengontrol dapur

Bila ada dana berlebih, anda bisa menggunakan berbagai peralatan tambahan untuk memastikan kondisi dapur anda. Misalnya anda bisa memakai exhaust fan dan memasangnya di atas kompor. Pastikan kipas ini bekerja dengan baik dan menghisap dengan sempurna segala kotoran atau asap serta tidak merusak bila ada kabinet di atasnya. Kipas ini bisa anda dapatkan dengan harga bervariasi, antara lima puluh ribu sampai tiga juta rupiah.

Facebook Comments

Leave a Reply